10-Day Green Smoothie Cleanse: Lose Up to 15 Pounds in 10 Days!

10-Day Green Smoothie Cleanse: Lose Up to 15 Pounds in 10 Days!

Sejarah BUAT LAH CERITA TENTANG HARI PENDIDIKAN NASIONAL MOHON DI JAWAB BESOK DI TUPUK​

BUAT LAH CERITA TENTANG HARI PENDIDIKAN NASIONAL MOHON DI JAWAB BESOK DI TUPUK​

Jawaban:

Selamat Menyambut Hari Pendidikan Nasional! Sekarang sudah tahun 2022, rasanya sudah lama sekali kalau kita kurangi dengan tahun-tahun awal kemerdekaan.

Ya, pada awal kemerdekaan, Bapak Pendidikan Nasional Indonesia, Ki Hajar Dewantara sempat diangkat menjadi Menteri Pendidikan.

Beliau juga berjasa besar dalam dunia pendidikan Indonesia. Melirik sejarah, penetapan tanggal 2 Mei sebagai peringatan Hardiknas diambil dari tanggal lahir Ki Hajar Dewantara. Ya, Bapak Pendidikan kita lahir pada tanggal 02 Mei 1889.

Sebelum muncul filosofi “Ing ngarso sung tulodo, ing madyo mangun karso, tut wuri hadayani” yang artinya: Di depan memberi teladan, di tengah memberi bimbingan, di belakang memberi dorongan, Ki Hajar Dewantara aktif mengritik pendidikan di era penjajahan, karena pada masa itu kegiatan belajar hanya boleh dinikmati oleh orang-orang kaya.

Bahkan, sebagai imbas dari kritiknya, Ki Hajar Dewantara sempat diasingkan ke Belanda. Meski begitu, harapan cerah pendidikan Indonesia ternyata dimulai dari sana.

Melalui Ki Hajar Dewantara, kata “Indonesia” melanglang buana di kancah internasional, karena beliau mendirikan kantor berita dengan nama Indonesische Persbureau di Den Haag, Belanda.

Pun demikian ketika beliau pulang ke Indonesia, didirikanlah lembaga pendidikan bernama Taman Siswa di Yogyakarta.

maaf jika salah tolong dikoreksi dulu ya saya terburu-buru untuk berangkat ke padalarang

[answer.2.content]